Kamis, 28 Juni 2018

EFILING





Wajib pajak merupakan orang pribadi atau pun badan meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai ketentuan undang-undangan perpajakan. Artikel sebelumnya telah dibahas mengenai subjek dan objek pajak, setiap wajib pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak dan kepadanya diberikan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Kewajiban perpajakan bagi wajib pajak antara lain melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak dalam suatu masa pajak atau untuk suatu tahun pajak atau bagian tahun pajak.
Sarana pelaporan pajak dikenal dengan Surat Pemberitahuan (SPT), yaitu surat yang oleh wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan. 
Pelaporan SPT tersebut dilakukan oleh wajib pajak pada kantor Direktorat Jenderal Pajak yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal atau tempat kedudukan wajib pajak. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh wajib pajak dalam melaporkan SPT selain dapat langsung ke kantor pelayanan pajak terdaftar, yang paling efektif dan efisien saat ini tentu masyarakat sekarang sudah mengenal pelaporan secara online dengan menggunakan efiling. Efiling merupakan cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) elektronik yang dilakukan secara on line dan real time. Pajakku, merupakan ASP yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk menyediakan layanan peloporan SPT secara online dapat menjadi solusi wajib pajak dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dalam melaporkan SPT secara online dan real time.

Baca juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terimakasih untuk berkomentar dengan baik. Mohon maaf apabila komentar tidak dibalas dengan waktu cepat karena tidak setiap saat admin on line".

Tweet to @sheva009